Minggu, 20 Februari 2011

(kelas 9) Protokol

Protokol adalah sekumpulan aturan yang mendefinisikan beberapa funnngsi seperti pembuatan hubungan, proses transfer suatu file, serta memecahkan berbagai masalah khusus yang berhubungan dengan komunikasi data antara alat-alat tersebut supaya komunikasi dapat berjalan dan dilakukan dengan benar, walaupun sistem yang ada dalam jaringan tersebut berbeda sama sekali. Protokol dapat juga disebut bahasa komunikasi komputer, sama halnya dengan manusia, yang dapat berkomunikasi dengan manusia lain bila menggunakan bahasa yang sama, demikian juga dengan komputer. Komputer dapat berkomunikasi satu sama lain jika kedua komputer menggunakan protokol yang sama.
Protokol ini mengurusi perbedaan format data pada kedua sistem hingga pada masalah koneksi listrik. Berikut ini beberapa hal yang berhubungan dengan tugas-tugas protokol.
a. Mengaktifkan jalur komunikasi data langsung, serta sistem sumber harus menginformasikan identitas sistem tujuan yang diinginkan kepada jaringan komunikasi.
b. Sistem sumber harus dapat memastikan bahwa sistem tujuan benar-benar telah siap untuk menerima data.
c. Aplikasi transfer file pada sistem sumber harus dapat memastikan bahwa program manajemen file pada sistem tujuan benar-benar dipersiapkan untuk menerima dan menyimpan fileuntuk beberapa user tertentu.
d. Bila format –format file dipergunakan pada kedua sistem tersebut tidak kompatibel, maka salah satu sistem yang lain harus mampu melakukan fungsi penerjemahan format.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar