Minggu, 20 Februari 2011

(kelas 9) Melalui Hubungan Dial Up

Sistem akses dial up ini dilakukan dengan cara modem langsung dihubungkan dengan jaringan telepon yang menghubungkan dengan jaringan internet. Kelebihan akses ini adalah memiliki jaringan yang luas, namun memiliki kekurangan, yaitu biaya akses yang relative tinggi.
Jenis perangkat keras untuk akses internet dengan sistem dial up ini adalah saluran telepon dan modem. Saluran telepon dibutuhkan untuk menghubungkan komputer kita dengan ISP yang kita gunakan. Selanjutnya, ISP akan meneruskan akses ke internet.
Adapun modem, merupakan alat untuk mengubah sinyal digital komputer menjadi sinyal analog atau sebaliknya, mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital. Modem berfungsi memisahkan data dari sinyal kabel telepon dan menerjemahkan data atau informasi sinyal analog menjadi sinyal digital.
Kecepatan modem dalam mentransfer data dan informasi diukur dengan satuan bit per detik, dan umumnya modem yang ada di pasar memiliki kecepatan transfer 56 Kbps.
Ada dua jenis modem yang terdapat di pasar yaitu modem eksternal dan modem internal. Modem internal adalah perangkat modem yang dipasang menjadi satu kesatuan dengan motherboard pada sistem unit CPU. Keuntungan menggunakan modem internal adalah harga relatif murah, sedangkan kekurangannya adalah tidak fleksibel dalam penggunaannya karena harus bongkar pasang kartu modem. Modem eksternal adalah perangkat modem yang terpisah dengan sistem unit CPU dan dihubungkan dengan komputer lewat kabel atau frekuensi. Keuntungan menggunakan modem eksternal ini adalah dapat dipindahkan dari satu komputer ke komputer lain dengan mudah dan lebih aman dari gangguan petir, sedangkan kekurangannya adalah harganya relatif lebih mahal.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar