Kamis, 17 Februari 2011

(kelas 9) Komunikasi Data

Komunikasi data adalah proses pengiriman dan penerimaan data (informasi) dari dua atau lebih device (alat seperti komputer, laptop, dan alat komunikasi lain) yang terhubung dalam sebuah jaringan baik lokal maupun global seperti internet.
Sementara itu, sistem komunikasi data adalah jaringan fisik dan fungsi yang dapat mengakses komputer untuk mendapatkan fasilitas seperti menjalankan program, mengakses basis data, melakukan komunikasi dengan operator lain, sedemikian rupa sehingga semua fasilitas berbeda pada terminalnya walaupun secara fisik berada pada lokasi yang terpisah.
Dalam proses komunikasi data dari satu lokasi ke lokasi yang lain, harus ada minimal tiga unsure utama sistem yaitu sumber data, media transmisi, dan penerima. Andaikan salah satu unsure tidak ada, maka komunikasi tidak dapat dilakukan.
1. Sumber data
Sumber data adalah unsur yang bertugas untuk mengirimkan informasi, misalnya terminal komputer.
2. Media transmisi data
Media transmisi data merupakan jalur di mana proses pengiriman data dari satu sumber ke penerima data.
3. Penerima data
Penerima data adalah alat yang menerima data atau informasi, misalnya pesawat telepon, terminal komputer, dan lain-lain, yang berfungsi menerima data yang dikirimkan oleh suatu sumber informasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar