Kamis, 17 Februari 2011

(kelas 9) Pengertian Internet

Internet berarti jaringan antara atau penghubung. Internet sendiri singkatan dari kata “interconnection networking” yang mempunyai pengertian hubungan komputer dengan berbagai tipe yang membentuk sistem jaringan yang mencakup seluruh dunia (jaringan komputer global) melalui jalur telekomunikasi sebagai sarana berkomunikasi dan menyebarkan informasi.
Oleh karena internet merupakan sebuah jaringan, maka sebuah komputer yang terhubung dengan internet akan terhubung dengan komputer yang berada di seluruh dunia. Dalam mengatur integrasi dan komunikasi jaringan komputer ini digunakan protokol yaitu TCP/IP. TCP (Transmission Control Protocol) bertugas memastikan bahwa semua hubungan bekerja dengan benar. IP (Internet Protocol) secara umum berfungsi memilih rute terbaik transmisi data, memilih rute alternative jika suatu rute tidak dapat digunakan, mengatur, dan mengirimkan paket-paket pengiriman data.
Internet dapat dikatakan sebagai sumber data dan informasi serta sarana pertukaran data dan informasi tanpa adanya jarak fisik dari komputer dan dalam waktu yang sangat cepat. Dengan adanya internet, memungkinkan setiap orang dapat mengakses informasi yang tersimpan di dalam komputer di belahan dunia yang lain. Selain itu, kita dapat saling bertukar informasi secara global di seluruh dunia tanpa batas institusi, dimensi ruang, dan waktu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar