Kamis, 27 Januari 2011

(kelas 7 )Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi

Media Komunikasi Masa Lalu
    Alat komunikasi masa lalu masih sangat sederhana jika dibandingkan dengan alat komunikasi yang ada sekarang ini. Peralatannya pun masih menggunakan bahan-bahan yang ada di alam, seperti daun lontar, kentongan, dan asap. Media komunikasi yang digunakan pada masa lalu yaitu :
a.    Daun Lontar dan Prasasti
Prasasti merupakan piagam yang tertulis pada batu, tembaga, dan sebagainya. Hal ini disebabkan karena prasati adalah dokumen tertulis yang orisinil dari peninggalan masa lalu tersebut.
Daun lontar dikenal juga sebagai daun pohon nira. Daun lontar dipakai untuk bahan naskah dan kerajinan. Sedangkan lontar sebagai bahan kerajinan digunakan untuk bahan baku atap rumah dan produk utama anyaman serta kipas.


b.    Kentongan
Kentongan dikenal sebagai salah satu sarana komunikasi tradisional. Kentongan digunakan untuk memberi tahu warga atau masyarakat bahwa telah atau akan terjadi sesuatu.




c.    Asap
Asap dikenal sangat populer digunakan sebagai media komunikasi suku bangsa Indian di Amerika. Alat komunikasi ini biasa digunakan untuk mengirimkan suatu pesan rahasia pada teman ataupun lawan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar